Kolaborasi Dengan Tim Kukerta UIN Suska Riau  dan UNRI Adakan Pelatihan Jamur Tiram

KILASRIAU.com - Mahasiswa Kukerta Universitas Riau (UNRI) dan UIN Suska Riau bermitra dengan Budidaya Jamur Tiram memberikan pelatihan budidaya jamur tiram kepada masyarakat Kelurahan Mundam, Kota Dumai, Provinsi Riau di laksanakan di Aula Kantor Kelurahan Mundam.

Kegiatan Pelatihan ini dilaksankan pada bulan Juni 2022 yang lalu dan diikuti lebih kurang 20 orang yang merupakan perwakilan setiap RT.

Didalam pelatihan tersebut Barus menjelaskan mengenai manfaat jamur, jenis jamur, media tanam jamur dan juga produk olahan jamur. Dan bahan baku dalam pembuatan baglog jamur tiram berupa dedak, sekam padi dan juga serbuk kayu.

"Hal ini dikarenakan serbuk kayu merupakan salah satu limbah yang cukup melimpah di kelurahan Mundam, sehingga berpotensi untuk dimanfaatkan. Kemudian produk olahan jamur tiram berupa jamur krispi, bolu, bakso, sayur, dan lain sebagainya," jelasnya.

Selain itu, Barus mengatakan kegiatan pelatiahan ini juga dibantu oleh mahasiswa kukerta UNRI dan UIN Suska Riau dalam mempersiapkan serta meyampaikan materi kepada masyarakat dibawah bimbingannya.

Barus selaku pemilik budidaya jamur tiram sekaligus pemateri atau narasumber dalam pelatihan berharap “Semoga masyarakat tidak berfikiran bahwa jamur beracun, dan semoga kelurahan mundam merupakan salah satu tempat penghasil jamur tiram baik di dumai maupun di Provinsi Riau. Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk membentuk kelompok budidaya jamur tiram di Kelurahan Mundam ini," ajaknya.






Tulis Komentar